Google BlogLarantuka NewsBar

Keuskupan Larantuka Akan Gelar Sinode

Keuskupan Larantuka rencananya akan menggelar Sinode atau Pertemuan Umat Katolik Keuskupan Larantuka ( PUKKEL) VI, 24-28 Oktober 2012 di Hokeng, Larantuka.  Sinode ini mengangkat tema “Gereja Keuskupan Larantuka: Kenyataan Sekarang dan Harapan ke Depan”. Menurut rencana, kegiatan sinode  ini akan dihadiri seluruh stake holder umat Katolik se Keuskupan Larantuka terutama utusan DPP (Dewan Pastoral Paroki), perwakilan perempuan dan utusan OMK (Orang Muda Katolik) yang mewakili tiap paroki.

Dalam rapat Panitia SINODE VI Keuskupan Larantuka  yang dipimpin ketua panitia, Rm. Gabriel Unto da Silva, Pr, di Rumah Bina Saron, San Dominggo, Larantuka, Rabu (20/3), terungkap  tujuan dari PUKKEL VI ini,  diantaranya: (1) merefleksikan (relevansi) Visi Keuskupan Larantuka: “Menuju Gereja yang dewasa dan mandiri”; (2) mengevaluasi KBG (Komunitas Basis Gerejani) sebagai pilihan strategis pastoral selama 40 tahun dengan tekanan 5 tahun terakhir: “membangun KBG yang transformatif” yang berciri khas: komunitas iman-harap-kasih, hidup dari sabda dan sakramen, pastisipatif, integratif, mandiri dan tranformatif; dan (3) menggagas pilihan strategis pastoral Gereja lokal ke depan.

Sebelumnya, Keuskupan Larantuka telah melaksanakan 5 (lima) kali Sinode. PUKKEL I, 20 – 24 Juni 1984 di Hokeng dengan tema: Meningkatkan partisipasi umat Katolik dalam membangun masyarakat Pancasila. PUKKEL II, 27 – 30 Juni 1988 di Hokeng dengan tema: Keluarga Katolik Keuskupan Larantuka menuju tahun 2000.  PUKKEL III, 24 – 28 Juni 1991 di Hokeng, dengan tema: Menuju pengembangan pastoral sosial ekonomi Keuskupan Larantuka yang terpadu. PUKKEL IV, 26 – 31Oktober 1997 di Hokeng, dengan tema: Memantapkan komunitas basis menjadi persekutuan iman, harap dan kasih yang hidup dan kokoh. PUKKEL V, 27 Oktober – 1 November 2003, tema: Menjadi Gereja yang semakin bersatu dan semakin profetis.

Perlu diketahui, Sinode sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti jalan bersama-sama. Sinode dapat dimaknai sebagai pertemuan Uskup dengan perwakilan umat yang dianggap Uskup mampu dan layak untuk membahas dan merancang program pengembangan keuskupan.

Berita Katolik:

BUNDA REINHA - Film Dokumenter Metro TV

Kurs Rupiah:

BlogLarantuka Paypal:

 
!-- START OF ADDME LINK --> Search Engine Submission - AddMe